Blogger Jateng

Tugas 2: Panggilan Menjadi Guru Mata Kuliah Filosofi Pendidikan PPG Prajabatan Teknik Mesin


Nama : Bhayu Handoyo Aji

Nim : X902308185

Mata Kuliah : Filosofi Pendidikan Indonesia

  

Tugas 2: Panggilan Menjadi Guru 

1. Siapa saya saat ini?

Jawaban:

Saya adalah seorang mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2023 di Universitas Sebelas Maret Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Rombel 1. Saya diterima dan dinyatakan lolos PPG Prajabatan ini pada 26 Agustus 2023, kurang lebih pukul 22.16 wib pada saat Saya membuka web SIMPKB. Saya sangat senang dan bahagia melihat berita itu, dan kemudian Saya langsung memberitahu kedua orang tua Saya. Mereka juga senang mendengar berita Saya lolos menjadi salah satu mahasiswa PPG Prajabatan. Setelah melewati tiga tahap yaitu seleksi administrasi, seleksi tes substantif, dan seleksi wawancara serta ada beberapa tahapan-tahapan di masing-masing LPTK yang harus diselesaikan untuk menjadi mahasiswa PPG Prajabatan. Maka, dapat Saya simpulkan proses seleksi menjadi mahasiswa PPG Prajabatan ini bukan hal yang mudah sehingga Saya harus menyelesaikan pendidikan ini dengan penuh semangat dan kerja keras agar Saya dinyatakan lulus dan mendapatkan serdik serta gelar Gr setelah menyelesaikan jenjang pendidikan.

 

2. Mengapa saya memilih menjadi guru?

Jawaban:

Alasan Saya menjadi guru adalah karena kedua orang tua. Orang tua menginginkan bahwa Saya selaku anaknya berkenan untuk menjadi guru. Jadi kedua orang tua Saya sangat mendukung apabila Saya menjadi guru, mereka memiliki harapan apabila suatu saat nanti Saya bisa menjadi guru yang diangkat PNS/P3K. Terlebih ortu juga senang apabila Saya mendapatkan tempat kerja yang tidak jauh dari rumah, agar mereka bisa selalu bertemu anaknya. Inilah alasan utama Saya ingin menjadi guru, yaitu ingin mewujudkan keinginan kedua orang tua Saya.

Alasan yang kedua, Saya memiliki pandangan bahwa jadi guru itu terlihat keren dan elegan, apalagi jadi guru SMK. Selain itu, Saya juga memiliki guru favorit ketika SMK. Beliau menurut Saya terlihat keren dalam mengajar karena menggunakan bahasa dan analogi yang mudah dipahami siswanya. Selain itu, beliau juga sabar dan tidak pernah marah ketika mengajar di kelas ataupun bengkel. Orangnya pintar dan selalu semangat dalam mengajar, sehingga membawa aura positif pada siswanya.

Dengan alasan di atas, Saya merasa tergugah untuk menjadi guru dan Saya juga merasa tertantang ingin menjadi guru seperti guru favorit Saya waktu SMK. Maka dari itu, dengan mengikuti program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan harapannya nanti setelah dinyatakan lulus, Saya bisa menjadi guru yang professional dan menjadi guru favorit bagi siswa-siswi Saya kelak.

 

3. Bagaimana saya bisa menjadi guru yang berpihak pada peserta didik?

Jawaban:

Jika Saya posisikan diri sebagai peserta didik atau sekedar mengingat-ingat waktu Saya masih jadi pelajar, guru yang menurut Saya berpihak pada peserta didik adalah guru yang mampu memenuhi kebutuhan peserta didik pada proses pembelajaran. Sehingga guru yang berpihak pada peserta didik itu tidak hanya sebagai pengajar, tetapi juga sebagai fasilitator yang selalu mendidik, membimbing, mendampingi, dan mengarahkan peserta didik serta selalu mengevaluasi kegiatan pembelajarannya. Guru yang selalu ada dan selalu perhatian kepada semua peserta didiknya itulah yang akan menjadi guru favorit bagi peserta didik.

Posting Komentar untuk "Tugas 2: Panggilan Menjadi Guru Mata Kuliah Filosofi Pendidikan PPG Prajabatan Teknik Mesin"