Blogger Jateng

Tugas 1: Refleksi Pengalaman Bersekolah Mata Kuliah Filosofi Pendidikan PPG Prajabatan Teknik Mesin


Nama : Bhayu Handoyo Aji

Nim : X902308185

Mata Kuliah : Filosofi Pendidikan Indonesia

  

Tugas 1: Refleksi Pengalaman Bersekolah 

1. Pengalaman apa yang membuat Anda menjadi rindu bersekolah, atau, pengalaman apa yang membuat Anda kehilangan motivasi untuk bersekolah? (pilih salah satu)

Jawaban:

Pengalaman yang membuat Saya rindu untuk bersekolah adalah memiliki teman yang satu frekuensi dan kompak dalam kelas. Khususnya pada jenjang SMK, pada saat SMK saya bersekolah di SMK Negeri 1 Gombong. Sekolah yang sudah saya impikan ketika saat masih SMP. Di sekolah itu, Saya memiliki circle pertemanan yang sangat kompak dan solid. Tidak ada rasa canggung atau membentuk kelompok-kelompok kecil di dalam kelas. Selain itu, pada proses pembelajaran juga terbentuknya kompetisi atau persaingan yang sehat dalam meraih nilai yang baik. Kita sama-sama belajar ketika akan menghadapi ulangan harian, sama-sama membantu dalam belajar. Namun ketika waktu ulangan atau ujian harian kita saling berkompetisi. Sehingga gairah semangat belajar dan berangkat sekolah itu selalu muncul dari dalam diri.

Selain itu, kami juga sering berkumpul di salah satu rumah teman kami untuk bermalam dan bakar ayam serta makan bersama di malam minggu, dipagi harinya Saya dan teman-teman satu kelas biasanya pergi ke tempat wisata untuk mencari spot foto dan berburu sunrise. Hal itu yang membuat rasa rindu saat ini, hingga ingin mengulang kebersamaan yang kompak dan solid bersama teman.

 

2. Peristiwa apa yang membuat Anda merasa berkembang dan belajar sebagai seorang pembelajar?

Jawaban:

Peristiwa yang membuat Saya berkembang merasa berkembang dan belajar sebagai seorang pembelajar adalah ketika Saya mengikuti kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL). Saya memilih lokasi Jogja dan tinggal di kos-kosan. Pada saat itu Saya hanya menerapkan ilmu yang sudah didapatkan di Sekolah. Ternyata ilmu yang didapatkan di sekolah masih sangat kurang untuk diterapkan di dunia kerja atau industri. Sehingga dengan adanya program Praktek Kerja Lapangan (PKL) inilah yang sangat membantu dan memberikan pengalaman lebih kepada Saya. Baik itu pengalaman ilmu, pengalaman sosial-masyarakat, kemandirian, lingkungan baru, dan pengalaman-pengalaman lain yang menambah wawasan Saya. Selama 2 Bulan di tempat PKL, Saya mendapatkan beberapa ilmu perbengkelan yang lebih spesifik walaupun sudah pernah diajarkan di sekolah.

3. Siapa sosok guru yang menginspirasi Anda?

Jawaban:

Sosok guru yang menginspirasi Saya waktu SMK adalah beliau bernama Pak Bibit Yuliartanto, S.Pd., Beliau cerdas, sabar, selalu semangat dalam mengajar membimbing dan mendidik, mengetahui karakter masing-masing siswa, selalu update dalam perkembangan teknologi, selalu menggunakan teknologi dalam pembelajaran, menyampaikan materi dengan bahasa yang mudah dipahami, tidak pernah marah kepada siswanya, dan selalu memberikan petuah-petuah atau nasihat di akhir pembelajaran.

4. Apa pengalaman yang berkesan bersama guru tersebut?

Jawaban:

Pada proses pembelajaran Saya selalu dipanggil oleh beliau untuk menjawab pertanyaan, walaupun Saya sendiri terkadang tidak tahu jawabannya. Dan, kemarin waktu Saya mengajar di SMK, Saya sempat bertemu dengan beliau pada saat Saya mendampingi siswa lomba LKS. Ternyata beliau masih ingat dengan Saya.

5. Pernahkah Anda menduplikasi atau mengadaptasi yang dilakukan oleh guru tersebut di kelas yang Anda ampu? Apa yang Anda lakukan?

Jawaban:

Ya, Saya mengadaptasi gaya mengajar beliau yang sabar dan semangat dalam mengajar serta selalu menggunakan teknologi sebagai media pembelajaran.

Posting Komentar untuk "Tugas 1: Refleksi Pengalaman Bersekolah Mata Kuliah Filosofi Pendidikan PPG Prajabatan Teknik Mesin"