Blogger Jateng

01.01.2-T2-3. Eksplorasi Konsep - Refleksi dan Argumen Kritis (4) | Filosofi Pendidikan PPG Prajab Teknik Mesin


Bhayu Handoyo Aji

PPG PTM

Rombel 1

Anda telah membaca tulisan-tulisan Ki Hadjar Dewantara tentang pendidikan untuk membangun argumen kritis tentang pemikiran Ki Hadjar Dewantara. Pada tahap ini, Anda akan menulis argumen kritis Anda dengan pertanyaan-pertanyaan pemantik sebagai berikut:

Apa relevansi pemikiran KHD “Pendidikan yang memerdekakan murid” dengan peran saya sebagai pendidik?

Jawaban:

Sebagai seorang pendidik Saya harus menerapkan kegiatan pembelajaran yang berpihak dan memberi kemerdekaan belajar kepada peserta didik agar peserta didik mampu berkembang sesuai dengan kodrat alamnya. Sebagai pendidik Saya harus menempatkan peserta didik sebagai subjek pembelajaran, dimana hal ini sesuai dengan konsep pemikiran Ki Hajar Dewantara yaitu “Sistem Among”.

Sistem Among adalah suatu metode pembelajaran yang menekankan pada proses pembelajaran yang dikenal dengan Ing Ngarso Sung tulodho (di depan memberi contoh), Ing Madya Mangun Karso (di tengah membangun kehendak), dan Tut Wuri Handayani (di belakang memberi dorongan). Penerapan metode Sistem Among ini didasarkan dua hal yaitu; Kodrat alam sebagai syarat untuk mencapai kemajuan pendidikan sesuai dengan potensi murid dan kemerdekaan sebagai syarat untuk menghidupkan dan menggerakkan kekuatan batin murid hingga dapat mencapai selamat dan bahagia.

Pendidikan menciptakan ruang bagi peserta didik untuk bertumbuh secara utuh agar mampu memuliakan dirinya dan orang lain (merdeka batin) dan menjadi mandiri (merdeka lahir). Kekuatan diri (kodrat) yang dimiliki, menuntun peserta didik menjadi cakap mengatur hidupnya dengan tanpa diperintah oleh orang lain.

Posting Komentar untuk "01.01.2-T2-3. Eksplorasi Konsep - Refleksi dan Argumen Kritis (4) | Filosofi Pendidikan PPG Prajab Teknik Mesin"