Blogger Jateng

01.01.2-T2-3. Eksplorasi Konsep - Refleksi dan Argumen Kritis (3) | Filosofi Pendidikan PPG Prajab Teknik Mesin

Mengapa pendidikan anak perlu mempertimbangkan kodrat alam dan kodrat zaman?


Anda telah membaca tulisan-tulisan Ki Hadjar Dewantara tentang pendidikan untuk membangun argumen kritis tentang pemikiran Ki Hadjar Dewantara. Pada tahap ini, Anda akan menulis argumen kritis Anda dengan pertanyaan-pertanyaan pemantik sebagai berikut:

 

Mengapa pendidikan anak perlu mempertimbangkan kodrat alam dan kodrat zaman?

Jawaban:

Menurut Saya, pendidikan anak perlu mempertimbangkan kodrat alam dan kodrat zaman karena anak berhak mendapatkan pendidikan yang sesuai dengan perkembangan zaman dan minat bakat yang dimiliki oleh setiap masing-masing individu. Sesuai dengan pemikiran Ki Hajar Dewantara menegaskan bahwa didiklah anak-anak dengan cara yang sesuai dengan tuntutan alam dan zamannya sendiri. Maksudnya adalah mendidik anak harus menyesuaikan dengan perubahan zaman dan perkembangan teknologi yang ada. Misalkan proses pembelajaran pada abad ke-21 tentu saja berbeda dengan proses pembelajaran pada pertengahan abad ke-20. Selain itu, kodrat alam Indonesia dengan memiliki 2 musim (musim hujan dan musim kemarau) serta bentangan alam mulai dari pesisir pantai hingga pegunungan memiliki keberagaman dalam memaknai dan menghayati hidup. Sehingga pendidikan harus menyesuaikan dengan kodrat alam dan kodrat zaman agar proses pembelajaran bisa berjalan dengan baik dan efektif, maka tujuan pendidikan yang dicetuskan oleh Ki Hajar Dewantara akan tercapai.

Tujuan pendidikan menurut KHD adalah menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat. Tujuan pendidikan juga meliputi penguasaan diri dengan tujuan untuk memanusiakan manusia atau humanisasi, dapat menentukan sikap sesuai dengan apa yang sedang dialami atau dirasakan, dan membentuk peserta didik menjadi pribadi yang mandiri dan dewasa.

Posting Komentar untuk "01.01.2-T2-3. Eksplorasi Konsep - Refleksi dan Argumen Kritis (3) | Filosofi Pendidikan PPG Prajab Teknik Mesin"