Blogger Jateng

01.01.2-T1-8. Aksi Nyata Perwujudan Perjalanan Pendidikan Nasional | PPG Prajabatan Teknik Mesin


 Nama : Bhayu Handoyo Aji

Nim : X902308185

Mata Kuliah : Filosofi Pendidikan Indonesia


Aksi Nyata Topik 1 Filosofi Pendidikan

1. Apa tiga hal baru yang saya pelajari dari materi Perjalanan Pendidikan Nasional?

2. Apa dua hal baru yang saya ingin ketahui lebih mendalam?

3. Apa satu langkah konkrit yang segera saya lakukan setelah materi ini?

Jawaban:

1. Tiga hal baru yang saya pelajari:

· Perjalanan pendidikan nasional Pra-Kemerdekaan

· Perjalanan pendidikan nasional Pasca-Kemerdekaan

· Memahami peran guru sesuai dengan semboyan yang dicetuskan oleh KHD yakni Tut Wuri Handayani dimana guru hendaknya menjadi seorang yang bisa memberikan contoh atau menjadi panutan bagi peserta didik, membangkitkan semangat dan memberi motivasi supaya lebih maju, atau lebih baik, dan mendorong peserta didik supaya senantiasa lebih maju. Dapat disimpulkan bahwa tugas guru tidak hanya mengajar (proses transfer ilmu) tetapi juga mendidik (membentuk karakter dan perilaku siswa).

2. Dua hal baru yang ingin Saya ketahui lebih mendalam, yaitu:

a. Saya ingin mengetahui lebih dalam apa kriteria sesuatu itu dapat dikatakan merdeka belajar?

b. Saya mengetahui bagaimana caranya supaya bisa memerdekakan peserta didik dalam belajar sementara sebagai pendidik terkadang belum merasa merdeka?

3. Saya bertekad untuk menerapkan prinsip KHD dengan: 1) Mengembangkan diri dengan meningkatkan kredibilitas (perilaku yang diteladani, 2) Memahami keberagaman siswa, 3) Melibatkan siswa secara aktif dalam setiap proses pembelajaran, dan 4) Menerapkan strategi pembelajaran yang mengakomodir karakteristik, minat, dan bakat siswa, dan 5) Menanamkan budaya lokal dalam proses pembelajaran yang berlandaskan Profil Pelajar Pancasila.

Posting Komentar untuk "01.01.2-T1-8. Aksi Nyata Perwujudan Perjalanan Pendidikan Nasional | PPG Prajabatan Teknik Mesin"