Blogger Jateng

Soal Essay G, Tes Seleksi Wawancara PPG Prajabatan: Ceritakan secara spesifik saat Anda dihadapkan dengan beberapa tugas dalam waktu yang bersamaan

Ketika Saya sudah jadi mahasiswa, sering dihadapkan dengan beberapa tugas yang menumpuk dengan deadline yang bersamaan. Hal semacam ini yang Saya rasakan pusing di kepala, namun Saya sendiri memiliki siasat bahwa untuk menyelesaikan tugas yang menumpuk dengan deadline yang bersamaan itu harus memilih dan mengurutkan tugas-tugas yang ada. Mengurutkan tugas dari atas yang paling prioritas terlebih dahulu diutamakan, kemudian baru ke bawah-bawah yang sekiranya tidak prioritas.  Jika dalam situasi yang bersamaan, ternyata semua tugas-tugas yang ada itu prioritas utama. Yang akan Saya lakukan adalah mengurutkan tugas-tugas yang ada kemudian diurutkan dari tugas yang paling mudah dikerjakan terlebih dahulu baru nanti ke tahap yang lebih susah. Manajemen seperti ini berkaitan dengan waktu/deadline yang tersisa. Sehingga semua tugas yang ada bisa terselesaikan dengan baik dan selesai tepat waktu.
Sumber: Pinterest

G.1. Seperti apakah situasinya pada saat itu? Kapan situasi tersebut terjadi?

(Perintah: Disini kalian disuruh untuk menceritakan pengalaman kalian saat Anda dihadapkan dengan beberapa tugas dalam waktu yang bersamaan dan kalian harus menjabarkan beserta alasannya untuk memperkuat argumen kalian)

Contoh jawaban Saya:

Ketika Saya sudah jadi mahasiswa, sering dihadapkan dengan beberapa tugas yang menumpuk dengan deadline yang bersamaan. Hal semacam ini yang Saya rasakan pusing di kepala, namun Saya sendiri memiliki siasat bahwa untuk menyelesaikan tugas yang menumpuk dengan deadline yang bersamaan itu harus memilih dan mengurutkan tugas-tugas yang ada. Mengurutkan tugas dari atas yang paling prioritas terlebih dahulu diutamakan, kemudian baru ke bawah-bawah yang sekiranya tidak prioritas.

Jika dalam situasi yang bersamaan, ternyata semua tugas-tugas yang ada itu prioritas utama. Yang akan Saya lakukan adalah mengurutkan tugas-tugas yang ada kemudian diurutkan dari tugas yang paling mudah dikerjakan terlebih dahulu baru nanti ke tahap yang lebih susah. Manajemen seperti ini berkaitan dengan waktu/deadline yang tersisa. Sehingga semua tugas yang ada bisa terselesaikan dengan baik dan selesai tepat waktu.

G.2. Apa yang Anda lakukan dalam mengatur tugas-tugas tersebut? Bagaimana Anda memastikan tugas-tugas tersebut sesuai dengan waktu yang ditentukan?

(Perintah: Disini kalian disuruh untuk menceritakan pengalaman kalian saat Anda dihadapkan dengan beberapa tugas dalam waktu yang bersamaan, keputusan apa yang kalian ambil untuk mengatur tugas-tugas tersebut agar dapat berjalan secara bersamaan, kemudian ceritakan bagaimana kalian mengatur tugas-tugas tersebut agar selesai tepat waktu, kalian harus menjabarkan beserta alasannya untuk memperkuat argumen kalian)

Contoh jawaban Saya:

Yang Saya lakukan dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ada adalah dengan memilah dan memilih tugas yang diutamakan atau skala prioritas terlebih dahulu sbeelum mengerjakannya. Kemudian setelah diurutkan dari skala prioritas, kemudian liat juga jam/waktu pengumpulannya. Utamakan kerjakan tugas dari waktu yang tersisa paling sedikit. Selanjutnya, kerjakan tugas-tugas yang sudah diberikan oleh dosen. Kerjakan dengan baik, seefisien mungkin dan cepat.
Jika ada kesalahan atau kekeliruan, segeralah cepat untuk direvisi sebelum tanggal deadline-nya datang. Jika tugas-tugas yang diberikan itu tugas kelompok, sebisa mungkin atur dengan cepat waktu kumpul dan pengerjaan tugas itu dilaksanakan tepat waktu dan pemakaian waktu yang efisien. Tidak lupa juga, untuk tugas yang diberikan secara kelompok ini sebaiknya ada pembagian-pembagian tugas dalam mengerjakannya.

G.3. Sumber daya apa yang Anda butuhkan dalam membantu penyelesaian tugas-tugas tersebut? Apa hambatan yang Anda temui dan bagaimana cara mengatasinya?

(Perintah: Disini kalian disuruh untuk menceritakan pengalaman kalian saat Anda dihadapkan dengan beberapa tugas dalam waktu yang bersamaan, ceritakan sumber daya apa yang anda butuhkan dalam menyelesaikan tugas-tugas tersebut, kemudian ceritakan hambatan apa yang kalian hadapi dan bagaimana kalian mengatasinya agar tugas-tugas tersebut selesai tepat waktu, kalian harus menjabarkan beserta alasannya untuk memperkuat argumen kalian)

Contoh jawaban Saya:

Sumber daya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas-tugas dari dosen adalah yang pertama buku-buku atau jurnal-jurnal yang relevan dengan tugas yang ada atau sumber referensi lain yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas. Namun dalam penyelesaian tugas tidak selalu mulus dan sesuai keinginan. Ada beberapa hambatan yang akan datang, antara lain:

1. Malas

Bagaimana pun, rasa malas di dalam diri seseorang itu pasti ada, hanya saja ada orang yang pintar dalam mengolah rasa malas. Solusi untuk mengatasi rasa malas adalah dengan memberikan ruang dan waktu kepada diri sendiri untuk instrospeksi diri. Kemudian mengingat-ingat kermbali tentang tujuan awal yang akan dicapai

2. Menunda-nunda waktu yang ada

Cara menyelesaikan masalah ini adalah dengan memberi semangat dan apresiasi kepada diri sendiri supaya terbangun semangat yang berapi-api

3. Ada pekerjaan lain yang harus diselesaikan

Solusi dalam menyelesaikan masalah ini adalah dengan memilih pekerjaan mana yang lebih diutamakan, selesaikan sebuah pekerjaan dengan cepat dan tepat agar tugas-tugas yang lain juga bisa diselesaikan

G.4. Bagaimana hasilnya?

(Perintah: Disini kalian disuruh untuk menceritakan pengalaman kalian saat Anda dihadapkan dengan beberapa tugas dalam waktu yang bersamaan, keputusan apa yang kalian ambil untuk mengatur tugas-tugas tersebut agar dapat berjalan secara bersamaan, kemudian ceritakan bagaimana hasilnya setelah kalian mengatur tugas-tugas tersebut agar selesai tepat waktu)

Contoh jawaban Saya:

Untuk hasilnya adalah tugas terselesaikan dengan cepat dan tepat waktu sesuai dengan deadline yang ada. Walaupun banyak rintangan dan hambatan yang harus dilalui dalam penyelesaian tugas. Karena bagaimanapun tugas adalah suatu kewajiban yang harus diselesaikan sebagai tanggung jawab kita atas kepercayaan orang lain yang sudah mempercayakan ke kita bahwa kita bisa untuk mengatasinya.

Posting Komentar untuk "Soal Essay G, Tes Seleksi Wawancara PPG Prajabatan: Ceritakan secara spesifik saat Anda dihadapkan dengan beberapa tugas dalam waktu yang bersamaan"