Blogger Jateng

Soal Essay F, Tes Seleksi Wawancara PPG Prajabatan: Ceritakan salah satu keputusan penting dalam suatu kegiatan baik di pekerjaan/ organisasi/ komunitas/ perkuliahan yang pernah Anda ambil

Pada saat itu di bulan Januari, guru BKK SMK memberi pengumuman kepada seluruh siswa yang sudah kelas 12. Informasi itu mengenai seleksi tes kerja di perusahaan otomotif motor terbesar di Indonesia yaitu PT Astra Honda Motor (AHM). Ketika mendengar informasi tersebut tertariklah Saya untuk mendaftarkan diri, karena kerja di perusahaan besar adalah cita-cita Saya sejak SMP.  Pada tahap awal, pendaftaran diri dan pengumpulan berkas untuk persiapan seleksi tesnya. Setelah berkas semua sudah dikumpulkan, Saya dan teman-teman yang minat kerja di PT tersebut disuruh menunggu satu minggu untuk pengumuman hari tesnya. Sembari menunggu, Saya memanfaatkan waktu itu untuk belajar. Singkat cerita, waktu yang ditunggu sudah datang, waktu tes seleksi pada saat itu pada akhir Bulan Januari 2016. Setelah Saya mengikuti semua proses tes psikologi, ternyata masih disuruh nunggu satu minggu lagi. Dan tak disangka ternyata Saya lolos juga, kemudian seminggu kemudian  setelah pengumuman adalah tes wawancara. Saya mengikuti semua proses wawancara tersebut dengan baik, seperti biasa Saya dan teman-teman yang lolos masih nunggu seminggu lagi untuk pengumuman lolos atau tidaknya.  Berita baiknya, Saya dinyatakan lolos tes wawancara. kemudian setelah tes wawancara dilaksanakan semua peserta yang lolos disuruh menunggu 2 minggu untuk tahap tes selanjutnya yaitu medical cek up. Spoiler dari kaka tingkat, jika sudah sampai tahap MCU itu 90% akan dinyatakan lolos. Karena saya pribadi merasa sehat dan tidak memiliki riwayat penyakit jadi Saya merasa percaya diri dan bangga atas pencapaian ini.  Kemudian hari yang ditunggu telah tiba, MCU Saya menikmati proses seleksinya walaupun menunggu antreannya lama banget. Giliran Saya dipanggil ketika sudah melewati waktu dhuhur, padahal sedari pagi sudah menunggu tes. Setelah seleksi MCU sudah terlaksana, menunggu pengumumannya 1 bulan. Lumayan lama, tapi tidak apa karena pada saat itu akan memasuki ujian Praktek, US, dan Ujian Nasional (UN). Yap, di zaman Saya masih ada UN.
Sumber: Pinterest

F.1. Apa yang menyebabkan Anda harus mengambil keputusan tersebut? Apa peran Anda saat itu?

(Perintah: Disini kalian disuruh untuk menceritakan pengalaman kalian tentang salah satu keputusan penting dalam suatu kegiatan baik di pekerjaan/ organisasi/ komunitas/ perkuliahan yang pernah Anda ambil dan kalian harus menjabarkan beserta alasannya yang harus dilengkapi data agar dinilai valid informasi tersebut juga berguna untuk memperkuat argumen kalian)

Contoh jawaban Saya:

Saya punya pengalaman pengambilan keputusan yang begitu bimbang dan berat di hati, kejadian sudah berlalu sekitar 6 tahun yang lalu dimana Saya masih kelas 3 SMK Semester genap. Cerita ini tentang pengambilan keputusan antara kerja atau kuliah, yang Saya rasakan begitu bimbang.

Pada saat itu di bulan Januari, guru BKK SMK memberi pengumuman kepada seluruh siswa yang sudah kelas 12. Informasi itu mengenai seleksi tes kerja di perusahaan otomotif motor terbesar di Indonesia yaitu PT Astra Honda Motor (AHM). Ketika mendengar informasi tersebut tertariklah Saya untuk mendaftarkan diri, karena kerja di perusahaan besar adalah cita-cita Saya sejak SMP.

Pada tahap awal, pendaftaran diri dan pengumpulan berkas untuk persiapan seleksi tesnya. Setelah berkas semua sudah dikumpulkan, Saya dan teman-teman yang minat kerja di PT tersebut disuruh menunggu satu minggu untuk pengumuman hari tesnya. Sembari menunggu, Saya memanfaatkan waktu itu untuk belajar. Singkat cerita, waktu yang ditunggu sudah datang, waktu tes seleksi pada saat itu pada akhir Bulan Januari 2016. Setelah Saya mengikuti semua proses tes psikologi, ternyata masih disuruh nunggu satu minggu lagi. Dan tak disangka ternyata Saya lolos juga, kemudian seminggu kemudian  setelah pengumuman adalah tes wawancara. Saya mengikuti semua proses wawancara tersebut dengan baik, seperti biasa Saya dan teman-teman yang lolos masih nunggu seminggu lagi untuk pengumuman lolos atau tidaknya.

Berita baiknya, Saya dinyatakan lolos tes wawancara. kemudian setelah tes wawancara dilaksanakan semua peserta yang lolos disuruh menunggu 2 minggu untuk tahap tes selanjutnya yaitu medical cek up. Spoiler dari kaka tingkat, jika sudah sampai tahap MCU itu 90% akan dinyatakan lolos. Karena saya pribadi merasa sehat dan tidak memiliki riwayat penyakit jadi Saya merasa percaya diri dan bangga atas pencapaian ini.

Kemudian hari yang ditunggu telah tiba, MCU Saya menikmati proses seleksinya walaupun menunggu antreannya lama banget. Giliran Saya dipanggil ketika sudah melewati waktu dhuhur, padahal sedari pagi sudah menunggu tes. Setelah seleksi MCU sudah terlaksana, menunggu pengumumannya 1 bulan. Lumayan lama, tapi tidak apa karena pada saat itu akan memasuki ujian Praktek, US, dan Ujian Nasional (UN). Yap, di zaman Saya masih ada UN.

Setelah UN terlaksana, ada pengumuman yang disampaikan guru BKK bahwa tes seleksi MCU sudah keluar. Benar saja, Saya dinyatakan lolos... Alhamdulillah. Saya merasa bangga dengan diri sendiri pada saat itu, karena sudah sejauh itu. Berita bahagia ini Saya sampaikan kepada orang tua. Namun hanya Ibu Saya yang menyambut baik berita itu, tidak dengan Bapak. Sambil melampirkan surat izin orang tua Saya memberitahukan informasi itu ke Bapak.

Namun, Bapak tidak merestui bahwa Saya untuk melanjutkan bekerja di PT AHM dengan alasan Saya harus kuliah, karena kuliah itu penting dan jangkauan kerjanya lebih luas kata Bapak. Pada saat itu, perasaan Saya kacau tak karuan. Jelas, sudah sejauh itu melalui prosesnya bersaing dengan banyak orang taoi endingnya tidak direstui untuk berangkat kerja. Padahal pada saat itu Saya tinggal trainning dan TTD kontrak, tapi takdir berkata lain.

Saya disuruh MENGUNDURKAN DIRI dari PT AHM oleh bapak, dan disuruh melanjutkan kuliah. Dengan berat hati Saya memustuskan untuk mengundurkan diri dan lanjut kuliah karena takdirestui. Keputusan yang penuh duka.

F.2. Bagaimana Anda mengidentifikasi dan memeroleh pemahaman yang lebih baik tentang permasalahan yang ada?

(Perintah: Disini kalian disuruh untuk mengidentifikasi dan menjelaskan sesuai fakta sebenarnya pengalaman kalian tentang salah satu keputusan penting dalam suatu kegiatan baik di pekerjaan/ organisasi/ komunitas/ perkuliahan yang pernah Anda ambil dan kalian menjelaskan proses bagaimana kalian memilih untuk mengambil keputusan tersebut, pertimbangan-pertimbangan apa  yang kalian lakukan)

Contoh jawaban Saya:

Identifikasi yang Saya lakukan pada saat itu sebelum mengambil keputusan yang berat dan bimbang adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya sebagai pertimbangan keputusan yang berat. Disisi lain Saya juga konsultasi ke guru Bimbingan Konseling (BK) untuk meminta solusi yang terbaik, solusi jalan tengahnya dari permasalahan itu. Saya menjelaskan semua masalah yang Saya hadapi ke guru BK Saya secara gamblang biar semuanya jelas.

Kemudian, beliau memberi solusi bahwa Saya tetap lanjut untuk kerja tapi disambi kuliah sabtu-minggu (kuliah kelas karyawan). Kata beliau menyayangkan jika Saya mundur dari PT AHM karena seleksi masuknya rumit dan prosesnya panjang. Saya juga sempat tawar menawar dengan bapak tentang kuliah sambil kerja. Namun, bapak Saya tetap bersikekeh untuk menolak tawaran tersebut dan setengahnya egois.

Selain Saya mencari informasi tentang pekerjaan di perusahaan, Saya juga mencari informasi-informasi tentang prospek kedepannya setelah lulus kuliah. Semua informasi Saya dapatkan dari internet dan Saya baca-baca informasinya sebanyaknya. Hal ini digunakan sebagai pertimbangan dari keputusan yang akan Saya ambil kedepannya.

Dan pada akhirnya Saya mengalah dari bapak dengan pertimbangan-pertimbangan yang cukup matang walaupun tidak sesuai hati, Saya memutuskan mundur. Namun Saya sudah mengantongi beberapa informasi penting tentang prospek lulusan S-1 setelah lulus. Salah satunya adalah bisa kembali kerja di perusahaan lagi, disisi lain pembatasan umurnya juga lebih mundur.

F.3. Apa saja yang menjadi pertimbangan Anda? Mengapa? Jelaskan proses atau langkah-langkah dalam mengambil keputusan tersebut!

(Perintah: Disini kalian disuruh untuk menjelaskan pengalaman kalian tentang salah satu keputusan penting dalam suatu kegiatan baik di pekerjaan/ organisasi/ komunitas/ perkuliahan yang pernah Anda ambil dan kalian harus menjabarkan pertimbangan dan alasannya apa yang kalian ambil dalam memilih keputusan berat tersebut)

Contoh jawaban Saya:

Dasar yang menjadi pertimbangan pengambilan keputusan yang Saya ambil untuk lanjut ke bangku kuliah adalah :
  1. Prospek kerja di jenjang S-1 banyak
  2. Jenjang karir lebih jelas dengan pendidikan minimal S-1
  3. Lebih cepat diangkat karyawan tetap jika kerja di suatu Perusahaan
  4. Memiliki peluang untuk diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS)
  5. Tidak dibatasi umur yang terlalu pendek (biasanya umur max untuk jenjang S-1 di umur 35 tahun)
Sehingga dengan alasan-alasan yang sudah disebutkan di atas, sebagai pertimbangan Saya dalam pengambilan keputusan yang terbaik. Walaupun masih banyak pertimbangan-pertimbangan yang tidak Saya tuliskan. Akhirnya Saya memutuskan untuk MENGUNDURKAN DIRI dari Perusahaan Astra Honda Motor (AHM). Walaupun keputusan ini sangat berat untuk diambil, mengingat kerja di Perusahaan besar adalah salah satu cita-cita Saya sejak SMP. Namun, keputusan itu harus diambil walaupun dengan desakan orang tua.

Saya juga membuat perjanjian dengan bapak sebagai konsekuensi dengan keputusan yang sudah Saya ambil yaitu ketika Saya kuliah, Saya tidak ingin terganggu dengan biaya-biaya yang memberatkan pikiran. Untuk urusan biaya kuliah harus benar-benar beres dan tanpa tunggakan. Alasan Saya agar bisa kuliah dengan cepat dan lancar tanpa hambatan, karena pada saat itu bapak Saya setuju. Akhirnya Saya dengan mantap memutuskan Mundur dari PT AHM.

F.4. Bagaimana hasil dari keputusan yang Anda ambil?

(Perintah: Disini kalian disuruh untuk menjelaskan hasil akhir dari pengalaman kalian tentang salah satu keputusan penting dalam suatu kegiatan baik di pekerjaan/ organisasi/ komunitas/ perkuliahan yang pernah Anda ambil dan kalian harus menjabarkan dengan runtut dan jelas, kalian bisa menambahkan kalimat harapan kalian kedepannya sehingga keputusan tersebut memiliki goal yang jelas)

Contoh jawaban Saya:

Hasil dari keputusan yang Saya ambil adalah hasil terbaik dari berbagai pertimbangan-pertimbangan dan sudut pandang. Pastinya, keputusan yang Saya ambil harapannya akan berdampak baik untuk Saya pribadi dan orang lain yang mendukung Saya. Walaupu keputusan tersebut diambil dengan lama dan penuh kebimbangan kegalauan serta menguras fikiran. Yang pasti, untuk pengambilan keputusan ini Saya benar-benar mencari semua sumber yang bisa Saya dapatkan sebagai pertimbangan dan dibutuhkan agar keputusan yang Saya ambil itu tidak salah dan mengecewakan diri sendiri.

Posting Komentar untuk "Soal Essay F, Tes Seleksi Wawancara PPG Prajabatan: Ceritakan salah satu keputusan penting dalam suatu kegiatan baik di pekerjaan/ organisasi/ komunitas/ perkuliahan yang pernah Anda ambil"