Blogger Jateng

Soal Essay E, Tes Seleksi Wawancara PPG Prajabatan: Ceritakan salah satu pengalaman Anda saat mengembangkan kemampuan dan keterampilan dari orang lain (contoh: anak didik, rekan sejawat, anggota komunitas/organisasi)

Untuk hasil yang diperoleh setelah melaksanakan rangkaian kegiatan belajar menghitung dan menghafal rumus perhitungan dasar matematika, adek Saya sedikit bisa menguasai perhitungan dasar yang sifatnya masih tahap pertambahan dan pengurangan. Walaupun belum signifikan, akan tetapi jika hal pembelajaran ini terus diulang maka lama kelamaan adek saya akan menguasai rumus dan perhitungan matematika dasar yang lainnya.
Sumber: Pinterest


E.1. Seperti apa situasinya pada saat itu? Siapa yang Anda kembangkan? Mengapa pengembangan itu diperlukan?

(Perintah: Disini kalian disuruh untuk menceritakan pengalaman kalian tentang mengembangkan kemampuan dan keterampilan orang lain misalnya anak didik, adek, teman sebaya, teman sebangku, rekan kerja, dll. yang mana dari mereka belum bisa melakukan sesuatu sampai bisa mengembangkan sesuatu)

Contoh jawaban Saya:

Saya mengembangkan kemampuan dan keterampilan adik saya yang saat itu belum bisa menghitung dan menghafal rumus perhitungan dengan baik.

Yang Saya kembangkan adalah adek kandung Saya.

Alasan Saya mengembangkan hal itu karena adek saya sudah mulai memasuki sekolah tingkat dasar (SD), jadi pengembangan tersebut perlu dilakukan untuk menunjang pembelajaran yang lebih baik di Sekolah.


E.2. Apa yang menjadi fokus pada pengembangan? Bagaimana cara Anda membangun kesepakatan untuk mencapai hasil yang diharapkan?

(Perintah: Disini kalian disuruh untuk menceritakan pengalaman kalian tentang mengembangkan kemampuan dan keterampilan orang lain mengenai fokus apa saja yang dikembangkan misalnya oleh anak didik, adek, teman sebaya, teman sebangku, rekan kerja, dll. Lalu jelaskan kalian menerapkan kesepakatan apa agar bisa mencapai hasil maksimal?)

Contoh jawaban Saya:

Fokus yang Saya kembangkan untuk keterampilan mata pelajaran matematika adek Saya adalah menghitung dan menghafal rumus perhitungan dengan baik.

Awal Saya membangun kesepakatan adalah dengan cara memberi dia reward apabila dia bisa menyelesaikan suatu masalah yang dia hadapi dengan penyelesaian yang cepat, baik dan benar. Untuk tahap awal reward yang Saya berikan kepada adek Saya adalah reward kecil-kecilan yang berupa permen untuk membangunkan motivasinya. Kemudian adek Saya menyetujuinya, setelah adanya persetujuan itu tahap selanjutnya adalah memberikan materi dan pelatihan menghitung dan menghafal rumus perhitungan dalam matematika. Kemudian setelah tahap teori selesai, selanjutnya adalah memberikan dia tantangan dengan adanya reward apabila tantangan tersebut diselesaikan dengan baik.


E.3. Langkah-langkah apa yang Anda ambil untuk pengembangan tersebut? Apa hambatan yang Anda temui dan bagaimana cara mengatasinya? Apa yang Anda lakukan untuk mempertahankan motivasi dari orang tersebut?

(Perintah: Disini kalian disuruh untuk menjelaskan langkah-langkah atau strategi apa saja yang kalian ambil sesuai pengalaman kalian dalam mengembangkan kemampuan dan keterampilan orang lain misalnya anak didik, adek, teman sebaya, teman sebangku, rekan kerja, dll. Kemudian kalian menjelaskan hambatan apa yang dihadapi dan kalian juga menjelaskan cara mengatasi hambatan tersebut. Lalu kalian jelaskan bagaimana mempertahankan motivasi orang tersebut agar tidak menyerah dalam belajar)

Contoh jawaban Saya:

  • Langkah-langkah yang Saya ambil dalam pengembangan adek tersebut di atas adalah:

    1. Mempersiapkan tujuan pengembangan
    2. Mempersiapkan materi pembelajaran
    3. Mempersiapkan metode atau langkah-langkah pembelajaran
    4. Mempersiapkan soal ujian atau soal tantangan
    5. Mempersiapkan reward

  • Hambatan yang Saya temui dalam proses pengembangan adek Saya adalah:

    1. Rasa malas adek yang besar
    2. Motivasi belajar adek yang kurang
    3. Banyak alasan untuk memulai
    4. Selalu bermain handphone

  • Cara mengatasi:

    1. Simpan handphone terlebih dahulu
    2. Berikan sedikit stimulus/rangsangan belajar untuk membangkitkan kemauan belajar
    3. Berikan sedikit motivasi
    4. 4. Ingatkan reward yang akan didapat jika berhasil menyelesaikan tahapan-tahapan

  • Motivasi:

Untuk mempertahankan motivasi belajar adek Saya, setiap harinya Saya memberikan video-video menarik tentang belajar matematika yang mengasyikkan, tidak lupa juga memberikan video hiburan, tidak lupa juga untuk memberikan dia kebebasan bermain dan bersosialisasi dengan temannya dan sesekali memberikan game teka-teki tentang matematika dasar. Selain itu, selalu menanyakan tugas-tugas atau PR yang diberikan guru untuk dikerjakan dirumah, sekalian dibahas sekalian untuk belajar.


E.4. Bagaimana hasil yang diperoleh dari upaya Anda membantu mereka?

(Perintah: Disini kalian disuruh untuk menjelaskan hasil yang diperoleh dengan lugas dan jelas dari pengalaman kalian yang telah melakukan upaya dalam membantu mengembangkan kemampuan dan keterampilan orang lain misalnya anak didik, adek, teman sebaya, teman sebangku, rekan kerja, dll. hingga berhasil atau mengalami kegagalan)

Contoh jawaban Saya:

Untuk hasil yang diperoleh setelah melaksanakan rangkaian kegiatan belajar menghitung dan menghafal rumus perhitungan dasar matematika, adek Saya sedikit bisa menguasai perhitungan dasar yang sifatnya masih tahap pertambahan dan pengurangan. Walaupun belum signifikan, akan tetapi jika hal pembelajaran ini terus diulang maka lama kelamaan adek saya akan menguasai rumus dan perhitungan matematika dasar yang lainnya.

Posting Komentar untuk "Soal Essay E, Tes Seleksi Wawancara PPG Prajabatan: Ceritakan salah satu pengalaman Anda saat mengembangkan kemampuan dan keterampilan dari orang lain (contoh: anak didik, rekan sejawat, anggota komunitas/organisasi)"