Blogger Jateng

Soal Essay D, Tes Seleksi Wawancara PPG Prajabatan: Ceritakan secara spesifik situasi pengalaman Anda saat bekerja sama dengan orang lain yang memiliki beragam perbedaan, seperti budaya, cara pandang, latar belakang, pendidikan, cara berpikir, dll

Pengalaman Saya ketika bekerja sama dengan orang lain yang memiliki perbedaan sama Saya baik dari segi agama, budaya, pendidikan, cara berpikir dan latar belakang adalah ketika Saya mengikuti dan bergabung dalam sebuah organisasi Palang Merah Indonesia (PMI) di Kota Yogyakarta, dimana kantornya terletak di Kota Gede. Awal tujuan Saya bergabung didalam organisasi tersebut adalah hanya karena ikut-ikut teman, namun disisi lain Saya ingin menambah relasi atau teman di luar kampus dan tujuan lainnya adalah Saya ingin memiliki ilmu dibidang kesehatan, sehingga Saya tertarik mengikuti kegiatan PMI Kota Yogyakarta.
Sumber: Pinterest

D.1. Ceritakan secara spesifik situasinya? Apa tujuan dari kerjasama yang terjadi? Keberagaman seperti apa yang Anda hadapi?

(Perintah: Disini kalian disuruh untuk menceritakan pengalaman kalian tentang situasi pengalaman Anda saat bekerja sama dengan orang lain yang memiliki beragam perbedaan, seperti budaya, cara pandang, latar belakang, pendidikan, cara berpikir, dll. Jabarkan jawaban kalian dengan cara bercerita sesuai pengalaman yang anda miliki)

Contoh jawaban Saya:

Pengalaman Saya ketika bekerja sama dengan orang lain yang memiliki perbedaan sama Saya baik dari segi agama, budaya, pendidikan, cara berpikir dan latar belakang adalah ketika Saya mengikuti dan bergabung dalam sebuah organisasi Palang Merah Indonesia (PMI) di Kota Yogyakarta, dimana kantornya terletak di Kota Gede. Awal tujuan Saya bergabung didalam organisasi tersebut adalah hanya karena ikut-ikut teman, namun disisi lain Saya ingin menambah relasi atau teman di luar kampus dan tujuan lainnya adalah Saya ingin memiliki ilmu dibidang kesehatan, sehingga Saya tertarik mengikuti kegiatan PMI Kota Yogyakarta.

Nah, setelah masuk dalam pelatihan anggoota KSR Saya kaget ternyata teman satu angkatan Saya itu dari berbagai kampus yang ada di Yogyakarta. Kira-kira dalam satu angkatan Saya kemarin ada 70 orang yang ikut pelatihan, namun seiring berjalannya waktu mulai berkurang. Dalam masa pelatihan dengan waktu selama 3 bulan, kita dilatih oleh senior yang disebut dengan KORPS. Waktu itu calon anggota KSR yang beranggotakan 70 orang dibagi menjadi 3 kelas pada saat diklat KSR. Dari organisasi ini banyak perbedaan yang Saya temukan. Setelah mengenali masing-masing calon anggota KSR, ternyata banyak juga yang dari luar pulau jawa.

Perbedaan yang Saya temukan dalam kegiatan ini adalah dari budaya, agama, bahasa, logat bahasa, latar belakang, pendidikan, cara pandang, cara berfikir dari teman-teman Saya banyak mengalami perbedaan, numun pada saat diklat kami dilatih untuk selalu kompak, satu visi, menghargai perbedaan, dan juga menghargai waktu. Kami digembleng baik dari mental, fikiran, tindakan, perbedaan selama 3 bulan. Waktu itu kami disuruh berdiskusi untuk menentukan nama kelompok angkatan kami, kemudian disepakati nama MACATANG yang artinya adalah Macan Tangguh. Harapannya, dengan sebuah nama macan tangguh kami bisa kuat dan tangguh layaknya macan. Hingga akhirnya diklat selama 3 bulan selesai, kami dengan sisa anggota 50 orang mampu melewati segala proses kegiatan diklat calon anggota KSR.

Setelah selesai mengikuti diklat calon anggota KSR, Saya baru sadar ternyata tujuan dari dilaksanakan diklat adalah untuk melatih mental kita semua agar tahan banting, mampu menyelesaikan masalah dengan cepat, mampu mengambil tindakan cepat, mampu bekerja sama dengan orang lain, kompak dalam tim, tolong-menolong, saling menghormati perbedaan agama, ras, dan budaya. Dari kegiatan inilah Saya banyak belajar tentang kehidupan dan mendapatkan pengalaman serta teman-teman yang berharga bahkan lebih dari teman, yaitu keluarga Macatang.


D.2. Langkah-langkah apa yang Anda lakukan untuk mencapai tujuan kerja sama? Bagaimana Anda memastikan langkah-langkah tesebut sudah sesuai dengan kebutuhan semua pihak?

(Perintah: Disini kalian disuruh untuk menceritakan pengalaman kalian tentang langkah-langkah yang Anda lakukan untuk mencapai tujuan kerja sama, kemudian jabarkan jawaban kalian dengan cara bercerita sesuai pengalaman yang anda miliki. Lalu jelaskan dengan lagkah-langkah tersebut apakah sudah sesuai dengan kebutuhan semua pihak, uraiakan secara gamblang)

Langkah-langkah sebelum melakukan kerjasama dengan orang lain, hal yang perlu dilakukan terlebih dahulu adalah :

  1. Menentukan tujuan dari kerja sama yang akan dilakukan.
  2. Menentukan tugas dan tanggung jawab dari setiap pihak yang terlibat dalam kerja sama.
  3. Menentukan peraturan yang ada dalam kerja sama tersebut.
  4. Melakukan komunikasi dan interaksi yang intensif antara pihak-pihak yang ada dalam kerja sama.
  5. Melakukan evaluasi terhadap hasil kerja yang sudah dikerjakan dalam rentang waktu tertentu.

Setelah menentukan tujuan atau goal yang akan dicapai, selanjutnya adalah melaksanakan tugas sesuai dengan job desk yang sudah diterima sesuai persetujuan.

Untuk memastikan langkah-langkah tersebut sesuai dengan kebutuhan semua pihak, orang yang ditunjuk sebagai leader atau pemimpin haru mampu mengontrol dan memastikan semua anggotanya bisa bekerja dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan serta skill yang dimiliki.


D.3. Apa hasil yang Anda capai saat itu? Adakah komentar atau respon lingkungan (mis. rekan sejawat ataupun pihak lain) terhadap tindakan Anda? Bagaimana dampaknya terhadap kerja sama tersebut?

(Perintah: Disini kalian disuruh untuk menceritakan pengalaman kalian tentang langkah-langkah yang Anda lakukan untuk mencapai tujuan kerja sama, bagaimana hasil yang Anda capai, apakah baik atau buruk dapat diuraikan secara jelas. Lalu jelaskan bagaiman dampak yang diperoleh apakah sesuai dengan kebutuhan semua pihak, uraiakan secara gamblang)

Hasil yang dicapai sesuai dengan pengalaman Saya yang sudah dijabarkan di atas adalah semua anggota KSR menghormati perbedaan yang ada di masing-masing individu. Suatu perbedaan yang diperdebatkan dapat diselesaikan dengan jalan musyawarah di rapat anggota dengan mencari solusi yang terbaik, solusi yang dapat diterima semua pihak. Karena pada dasarnya dalam pelatihan diklat calon anggota KSR, kita dituntut untuk kompak, saling bekerjasama, saling menghormati, solid, loyal, menghargai perbedaan, tanggap, cepat menyelesaikan masalah dan lain-lain. Selama diklat mental kami benar-benar diasah.

Respon dari lingkungan (rekan sejawat atau pihak lain) menerima dengan baik seluruh rangkaian kegiatan yang ada, selama dalam bertindak itu harus dikomunikasikan terlebih dahulu jadi tidak diputuskan secara sepihak untuk hal-hal yang sifatnya penting dan darurat.

Dampak dari kerjasama yang telah dilakukan itu adalah kita jadi lebih tau tentang sifat kepribadian masing-masing anggota. Dengan adanya perbedaan itu, kita harus menerimanya yang terpenting untuk tanggung jawab dalam melaksanakan tugas yang sudah dibagi itu harus dilaksanakan secara 

Posting Komentar untuk "Soal Essay D, Tes Seleksi Wawancara PPG Prajabatan: Ceritakan secara spesifik situasi pengalaman Anda saat bekerja sama dengan orang lain yang memiliki beragam perbedaan, seperti budaya, cara pandang, latar belakang, pendidikan, cara berpikir, dll"